Logo WhatsApp

 

 

diposkan pada : 30-12-2015 16:23:28

Sertifikasi ISO 9001 adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang disebut sebagai badan sertifikasi. Badan sertifikasi yang begitu eksis di Indonesia ini sudah sangat banyak. Lantas, bagaimana cara untuk memperoleh sertifikat ini? ada 2 syarat yang harus perusahaan Anda lalui untuk memperoleh sertifikat ini. Untuk yang pertama, perusahaan sudah menerapkan sistem manajemen mutu paling tidak 3 bulan, selain itu perusahaan atau organisasi juga harus lulus di dalam audit sertifikasi.

 

Bagaimana mekanisme dari pengajuan audit sertifikasi ini?

Setelah organisasi yang Anda pimpin telah menerapkan ISO 9001 paling tidak 3 bulan, Anda diperbolehkan untuk mengajukan diri diaudit ke sebuah badan sertifikasi pilihan. Badan sertifikasi ini nanti akan meminta Anda untuk mengirimkan berbagai macam dokumen yang menyangkut ISO 9001 seperti kebijakan mutu, sasaran, pedoman mutu, prosedur wajib, prosedur bagian atau departemen. Anda juga akan diminta untuk mengirimkan bukti pelaksanaan dari rapat tinjauan manajemen dan internal audit.

 

Mungkin Anda penasaran berapa lamakah proses yang diperlukan untuk sertifikasi ISO 9001 ini. Lama dari proses sertifikasi ISO 9001 adalah beberapa waktu. Lamanya audit ini sangat ditentukan oleh ruang lingkup serta bidang pekerjaan yang Anda miliki, biasanya untuk audit dilakukan kedalam 2 stage. Pada stage yang pertama dilakukan pemeriksaan dokumen dan untuk stage yang ke 2 sebagai pemenuhan persyaratan implementasi dengan keseluruhan.

 

Hal-hal yang Mempengaruhi Total Biaya Sertifikasi ISO 9001
 

Pengertian Sertifikasi ISO 9001 Sertifikasi ISO 9001 adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang disebut sebagai badan sertifikasi. Badan sertifikasi yang begitu eksis di Indonesia ini sudah sangat banyak. Lantas, bagaimana cara untuk memperole ...

Artikel lainnya »